Harga Emas Makin Merosot Seiring Potensi Kenaikan Suku Bunga AS Lebih Tinggi dan Kemajuan Pembahsan Plafon Utang AS

Analis PT. First State Futures Published 2023-05-29

Harga emas mengalami pelemahan pada hari Senin seiring kesepakatan tentatif yang dicapai pada akhir pekan untuk menangguhkan plafon utang AS, ditambah kekhawatiran mengenai suku bunga yang lebih tinggi dalam jangka waktu yang lebih lama, sehingga mengurangi permintaan terhadap emas.

Harga emas spot turun sebesar 0,1% menjadi $1.945,11 per ons pada pukul 11.42 WIB, mendekati posisi terendah dalam dua bulan yang dicapai pada hari Jumat. Sementara itu, harga emas berjangka AS juga melemah menjadi $1.944,30.

Pengumuman Presiden AS Joe Biden pada hari Minggu juga mempengaruhi daya tarik emas sebagai aset safe-haven. Biden menyatakan bahwa ia telah mencapai kesepakatan anggaran dengan Ketua DPR Kevin McCarthy untuk menangguhkan plafon utang sebesar $31,4 triliun hingga 1 Januari 2025, dan kesepakatan tersebut siap untuk diajukan ke Kongres untuk disahkan.

Di sisi lain, data yang dirilis pada hari Jumat menunjukkan adanya peningkatan belanja konsumen AS yang lebih tinggi dari yang diperkirakan pada bulan April, serta laju inflasi yang meningkat.

Laporan ini meningkatkan kemungkinan adanya kenaikan suku bunga sebesar 25 basis poin oleh bank sentral AS pada bulan Juni menjadi 63%, dan kemungkinan suku bunga tetap stabil hingga akhir tahun ini, menurut CME FedWatch Tolls.

Indeks dolar yang lebih kuat membuat harga emas lebih mahal bagi pembeli selain pemegang greenback, sementara saham di Asia mengalami kenaikan karena kesepakatan untuk menangguhkan plafon utang pemerintah AS mengakhiri ketidakpastian yang berkepanjangan.

Sementara itu, harga perak spot turun sebesar 0,5% menjadi $23,20 per ons, platinum naik tipis 0,1% menjadi $1.023,64, dan paladium naik sebesar 0,6% menjadi $1.431,90.

Perdagangan kemungkinan akan sepi dengan penutupan pasar Amerika Serikat dan sejumlah pasar di Eropa karena adanya libur pada hari Senin.




Sumber : reuters.com


Informasi Lainnya