Kanada dan AS Capai Kesepakatan Senilai $7.7 Miliar untuk Membeli 16 Pesawat Militer dari Boeing

Analis PT. First State Futures Published 2023-12-01

Kanada dan Amerika Serikat telah mencapai kesepakatan senilai C$10,4 miliar ($7,7 miliar) untuk membeli maksimal 16 pesawat Boeing (NYSE: BA) sebagai bagian dari proyek mengganti armada pesawat pengawas militer Aurora yang sudah tua di Kanada.

Dana sebesar hingga $5,9 miliar dialokasikan untuk kesepakatan tunggal membeli pesawat P-8A Poseidon beserta peralatan terkait. Sisanya akan digunakan untuk infrastruktur, simulator, dan persenjataan.

Pesawat P-8A Poseidon dirancang untuk melacak kapal-kapal musuh dan kapal selam menggunakan teknologi canggih seperti sensor elektro-optik, radar, dan sonobuoy.

Keputusan ini diambil setelah Bombardier (OTC: BDRBF), pembuat jet bisnis, mengusulkan kompetisi terbuka dengan versi jet Global 6500 mereka. Meski demikian, Ottawa memilih pesawat Boeing karena dianggap satu-satunya yang memenuhi semua persyaratan.

Kanada akan membeli 14 dari 16 Poseidon yang disetujui, dengan opsi untuk membeli dua lagi. Pengiriman diperkirakan selesai pada awal musim gugur 2027, dengan kemampuan operasional penuh diantisipasi pada tahun 2033.

Meskipun Bombardier menyatakan kekecewaannya, pihak pemerintah menganggap keputusan ini penting untuk kepentingan nasional. Boeing mengklaim akan terus memproduksi P-8 jika permintaan tetap cukup tinggi, dengan backlog pesanan mencapai 20 pesawat, 183 dalam kontrak, dan 163 sudah dikirim.




Sumber : reuters.com


Informasi Lainnya