Tantangan Kedepan Intel Masih Tetap Pasca Event Inovasi

Analis PT. First State Futures Published 2022-09-29

Intel (NASDAQ:INTC) mengadakan event inovasi yang berlangsung pada hari Rabu kemarin, yang mana pada acara tersebut memaparkan roadmap client dan produk data center yang terbaru.

Dalam mengikuti event tersebut, BofA yang memberikan rating underperform terhadap intel dan target harga saham $30/lembar, merilis catatan outline perusahaan termasuk didalamnya soal tantangan kedepan intel yang masih tetap.

Intel sendiri merilis produk terbarunya berupa next-gen Intel 7 Desktop CPU Raptor Lake, yang dijadwalkan akan tersedia pada Oktober nanti. Yang menjadi perhatian utama, Processor flagship terbaru ini mempertahankan harganya dikisaran $589 dan sedikit lebih murah dibandingkan dengan milik AMD yang seharga $699.

BofA menambahkan bahwa INTC secara agresif masih berupaya mempertahankan market share-nya di sektor CPU, sedangkan emiten sendiri sedang menghadapi permasalahan meningkatnya biaya produksi sejak tahun lalu, dan akan mempengaruhi margin yang didapatkan  kedepannya.

Selain processor generasi terbarunya, intel turut melaunching Ponte Vecchio data center GPU yang telah lama dinanti serta GPU Desktop Arc A Series.

Kartu grafis Arc Series ini dirilis setelah mengalami penundaan launching beberapa kali, dan masih kalah dalam proses fabrikasinya sebesar 6nm jika dibandingkan dengan AMD 5nm dan Nvidia 4nm.

Dan terakhir, BofA memberikan paparan bahwa Intel masih akan mengembangkan bisnis AI/ML solutions dan mengumumkan Intel Feti, yang merupakan computer vision platform yang mampu mendukung AI mainstream di level enterprise.

Dalam berbagai produk dan layanan yang dirilis oleh intel tersebut, tidak mengubah pandangan BofA dalam memberikan rating underperform terhadap intel, dan masih skeptis bahwa intel akan mendominasi market share hingga 3-5 tahun mendatang.




 

sumber : investing.com



Informasi Lainnya