America Express Melaporkan Hasil Laba Diatas Ekspektasi, Fokus Perusahaan Beralih ke Strategi Small-Business
American Express (AmEx) melaporkan laba kuartal pertama yang melampaui
perkiraan pada hari Jumat, didorong oleh pelanggan kaya mereka, sementara fokus
perusahaan adalah memperluas basis pelanggan mereka di kalangan usaha kecil. Rincian
lebih lanjut diharapkan akan diumumkan pada hari investor.
Pelanggan berpenghasilan tinggi
AmEx telah memberikan perlindungan dari gejolak ekonomi, sebuah strategi yang
telah terbukti efektif di tengah kekhawatiran tentang kesejahteraan finansial
konsumen. Analis William Blair, Cristopher Kennedy, menyatakan bahwa AmEx telah
secara konsisten memusatkan perhatiannya pada konsumen premium dan usaha kecil
dan menengah (UKM), yang telah membantu mereka memperluas jaringan dan
meningkatkan nilai proposisi mereka.
AmEx melihat pertumbuhan dalam belanja konsumen di AS sebesar 8%
dibandingkan tahun sebelumnya, sementara belanja UKM naik 1%. CEO Stephen
Squeri menyatakan keyakinannya bahwa pemulihan UKM akan mendorong belanja yang
lebih kuat di masa depan.
Perusahaan mempertahankan ekspektasi pertumbuhan pendapatan sebelumnya
sebesar 9% hingga 11% dan perkiraan laba sebesar $12,65 hingga $13,15 per saham
untuk tahun 2024. Laba kuartal pertama melonjak 31% menjadi $2,44 miliar, atau
$3,33 per saham, melebihi ekspektasi analis.
AmEx akan membahas strateginya untuk konsumen premium dan UKM di AS pada
hari investor pada 30 April. Peluang pendapatan yang terkait dengan generasi Z
dan milenial juga akan menjadi fokus, menurut Kennedy dari William Blair.
Meskipun industri kartu kredit bersiap menghadapi perubahan besar dengan upaya akuisisi senilai $35,3 miliar oleh Capital One Financial terhadap Discover Financial, AmEx tidak terlalu khawatir dengan perubahan dalam persaingan. Saham AmEx melonjak 3,4% menjadi $224,86 sebagai tanggapan atas laporan laba yang kuat.
Sumber : reuters.com