Citigroup Tunjuk Mantan Bankir JPMorgan Sebagai Kepala Perbankan Baru

Analis PT. First State Futures Published 2024-02-27

Citigroup telah menunjuk Viswas Raghavan sebagai kepala perbankan baru, yang sebelumnya menjabat sebagai kepala perbankan investasi global di JPMorgan Chase. Perombakan manajemen dan reorganisasi bisnis terjadi di JPMorgan, di mana Doug Petno dan Filippo Gori diangkat sebagai co-head perbankan global setelah kepergian Raghavan.

Raghavan akan melapor kepada CEO Citigroup Jane Fraser dan diharapkan bergabung pada musim panas. Pemimpin yang terbukti, Raghavan disebutkan sebagai contoh kemampuan Citigroup dalam menarik talenta terbaik. Sementara itu, Peter Babej, kepala perbankan sementara Citi, akan tetap menjalankan peran transisi hingga ia pensiun pada akhir tahun ini.

Pergantian kepemimpinan ini terjadi dalam konteks reorganisasi besar-besaran di Citigroup, yang menyederhanakan strukturnya menjadi lima bisnis utama dengan pemimpinnya melapor langsung kepada CEO. Langkah ini merupakan bagian dari upaya Citigroup untuk meningkatkan kinerja dan restrukturisasi, termasuk pengurangan tenaga kerja sebanyak 20.000 karyawan dalam dua tahun ke depan.

Raghavan, yang baru-baru ini dipromosikan menjadi kepala perbankan investasi global di JPMorgan, akan bekerja bersama kepala internasional Citi, Ernesto Torres Cantú, dan David Livingstone, yang memimpin divisi klien yang baru dibentuk.

Langkah ini mendapat dukungan positif dari analis, yang melihatnya sebagai perubahan inti dengan dampak positif di seluruh perusahaan. Citigroup berusaha untuk memperbaharui struktur manajemen yang sudah ada selama beberapa dekade, dan perekrutan Raghavan dianggap sebagai langkah tambahan untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

Meskipun Citigroup mengalami reorganisasi, pendapatan divisi perbankannya naik 22% menjadi $949 juta pada kuartal terakhir. Di sisi lain, JPMorgan mencatatkan peningkatan pendapatan perbankan korporasi dan investasi sebesar 3% menjadi $11 miliar pada kuartal keempat.

Pasar mengamati langkah-langkah strategis dari Citigroup dan reaksi terhadap perubahan kepemimpinan ini, sementara industri perbankan secara keseluruhan mengalami dinamika yang signifikan.




Sumber : reuters.com


Informasi Lainnya