Microsoft Fokuskan Pengembangan Inovasi dan Infrastruktur AI

Analis PT. First State Futures Published 2024-02-27

Presiden Microsoft, Brad Smith, mengumumkan serangkaian prinsip pada hari Senin untuk mendorong inovasi dan persaingan dalam kecerdasan buatan (AI). Langkah ini diambil sebagai pengakuan atas peran Microsoft sebagai pemimpin pasar dalam teknologi ini, dan untuk mengatasi kekhawatiran tentang dominasinya di industri.

Dalam pidatonya di Mobile World Congress di Barcelona, Smith menyatakan bahwa Microsoft ingin mengartikulasikan prinsip-prinsip yang akan mengatur operasional infrastruktur pusat data AI dan aset AI penting lainnya di seluruh dunia. Prinsip Akses AI bertujuan untuk mengatasi peran dan tanggung jawab Microsoft yang semakin besar sebagai inovator AI dan pemimpin pasar.

Prinsip-prinsip tersebut mencakup komitmen untuk menyediakan akses teknologi AI yang luas bagi organisasi dan individu di seluruh dunia. Ini termasuk memberikan dukungan dan akses bagi pengembang AI, membuat model AI dan alat pengembangan tersedia secara luas, serta menyediakan API publik untuk memungkinkan pengembang mengakses dan menggunakan model AI di Microsoft Azure.

Selain itu, Microsoft berjanji untuk tidak menggunakan informasi atau data non-publik dari pembuatan dan penerapan model AI pengembang di Microsoft Azure untuk bersaing dengan model tersebut. Mereka juga akan memudahkan pelanggan Microsoft Azure untuk mengekspor dan mentransfer data mereka ke penyedia cloud lain.

Langkah ini diambil di tengah kekhawatiran pesaing dan regulator antimonopoli terkait kekuatan pasar Microsoft, terutama setelah kolaborasinya dengan pembuat ChatGPT, OpenAI. Microsoft telah mengintegrasikan chatbots ke dalam produk intinya, seperti perangkat lunak Office dan mesin pencari Bing, menarik pelanggan bisnis yang mencari inovasi dalam industri teknologi.




Sumber : reuters.com


Informasi Lainnya