Intel Luncurkan Versi Terbaru Edge AI Platform di MWC 2024

Analis PT. First State Futures Published 2024-02-27

Intel Corporation mengumumkan inovasi terbarunya di Mobile World Congress (MWC) 2024, yaitu platform software edge-native. Platform ini dirancang untuk menyederhanakan pengembangan, penerapan, dan pengelolaan aplikasi edge AI, dengan tujuan meningkatkan operasional perusahaan dan potensial menghasilkan total biaya kepemilikan (TCO) yang lebih baik.

Saat ini, sektor komputasi edge berkembang pesat, terutama dengan integrasi kecerdasan buatan. Intel berusaha mengatasi kompleksitas pengoperasian di edge dengan memperkenalkan Platform Edge Intel sebagai sistem modular terbuka. Platform ini tidak hanya menyediakan manajemen infrastruktur, tetapi juga kemampuan pengembangan aplikasi AI. Intel merancangnya agar dapat berintegrasi dengan tumpukan perangkat lunak yang sudah ada melalui standar terbuka.

Platform Edge Intel dilengkapi dengan runtime inferensi OpenVINO AI yang telah berkembang selama lima tahun. Ini dirancang untuk mengoptimalkan aplikasi edge dengan latensi rendah dan memberdayakan perangkat keras yang ada tanpa peningkatan biaya yang signifikan. Platform ini juga menawarkan dasbor terpadu untuk tim TI dan DevOps. Dasbor ini memungkinkan penyediaan, orientasi, dan pengelolaan node edge secara aman dan jarak jauh, termasuk server, kontrol industri, dan perangkat antarmuka manusia-mesin (HMI).

Selain itu, Platform Edge Intel mendapat dukungan dari ekosistem mitra industri yang luas, termasuk Amazon Web Services, Lenovo, L&T Technology Services, Red Hat, SAP, Vericast, Verizon Business, dan Wipro. Mitra seperti Lenovo telah mengintegrasikan platform ini dengan solusi mereka sendiri untuk memungkinkan manajemen aplikasi edge yang skalabel. L&T Technology Services menyoroti potensi platform ini untuk mendemokratisasi solusi edge-AI, sementara SAP mencatat peningkatan aksesibilitas komputasi edge-AI bagi pelanggan mereka. Mitra lain juga menyatakan antusiasme terhadap kemampuan platform ini untuk mengatasi kompleksitas komputasi edge pada perangkat keras standar.




Sumber : reuters.com


Informasi Lainnya