Harga Minyak Naik Tipis Pasca Penurunan Dua Hari Beruntun

Analis PT. First State Futures Published 2024-03-28

Harga minyak naik sedikit pada hari Kamis setelah dua sesi penurunan berturut-turut. Investor kembali mengevaluasi data terbaru persediaan minyak mentah dan bensin AS, serta kembali ke mode pembelian.

Minyak mentah Brent untuk bulan Mei naik 31 sen menjadi $86,40 per barel, sedangkan kontrak Juni naik 32 sen menjadi $85,73 11.15 WIB. Minyak mentah WTI AS untuk pengiriman Mei naik 39 sen menjadi $81,74 per barel.

Kedua harga tersebut mengalami kenaikan untuk bulan ketiga berturut-turut, naik sekitar 4,5% dari bulan sebelumnya.

Pada sesi sebelumnya, harga minyak tertekan oleh peningkatan tak terduga dalam persediaan minyak mentah dan bensin AS minggu lalu, tetapi peningkatan persediaan minyak mentah lebih kecil dari perkiraan API.

Tingkat pemanfaatan kilang di AS juga memberikan dukungan terhadap harga, naik 0,9 poin persentase minggu lalu.

Data inflasi yang mengecewakan baru-baru ini menegaskan alasan bagi Federal Reserve AS untuk menunda pemotongan target suku bunga jangka pendeknya, tetapi kemungkinan pemangkasan suku bunga pada akhir tahun ini tidak dikecualikan.

Pasar sedang memperhatikan pertemuan Komite Pemantauan Gabungan Kementerian dari OPEC minggu depan terkait kekhawatiran pasokan akibat risiko geopolitik.

OPEC+ kemungkinan tidak akan merubah kebijakan produksi minyak sampai pertemuan tingkat menteri penuh pada bulan Juni, tetapi tanda-tanda pelanggaran kuota produksi saat ini akan dianggap sebagai sentimen negatif.




Sumber : reuters.com


Informasi Lainnya