Microsoft Investasi Senilai $1.5 Miliar pada Perusahan AI G42 dari Abu Dhabi

Analis PT. First State Futures Published 2024-04-16

Microsoft Corporation (NASDAQ: MSFT) mengumumkan pada Senin malam bahwa mereka telah menginvestasikan $1,5 miliar pada perusahaan kecerdasan buatan Abu Dhabi, G42, untuk mendapatkan kursi di dewan direksi, menunjukkan komitmennya untuk memimpin dalam industri AI yang berkembang pesat.

G42, sebuah perusahaan teknologi AI, akan menjalankan aplikasi dan layanan AI di platform Microsoft Azure, serta berkolaborasi dalam pengembangan produk AI. Seorang wakil presiden Microsoft akan bergabung dengan dewan direksi G42.

Kesepakatan ini disusun dengan konsultasi erat dengan pemerintah AS dan Uni Emirat Arab, sebagai bagian dari upaya AS untuk memperkuat posisinya di kawasan Teluk dan dalam bidang teknologi AI, terutama berhubungan dengan Tiongkok.

Meskipun G42 memiliki koneksi dengan Tiongkok, mereka telah menjual sahamnya di beberapa perusahaan Tiongkok, termasuk Bytedance, untuk memenuhi regulasi AS.

Microsoft juga menyatakan bahwa model AI berbahasa Arab, Jais, dari G42 akan tersedia di Azure AI mereka, dan keduanya berencana untuk meluncurkan produk digital di wilayah Timur Tengah, Asia Tengah, dan Afrika.

Perusahaan-perusahaan tersebut akan bekerja sama untuk membawa AI dan layanan digital ke negara-negara yang kurang terlayani.

Selain itu, G42 juga telah bermitra dengan OpenAI, mitra AI utama Microsoft, dalam pengembangan AI di wilayah UEA dan Timur Tengah.

Microsoft telah memimpin inisiatif AI di antara rekan-rekannya di AS, termasuk melalui investasinya pada OpenAI, di mana mereka juga akan memiliki posisi observasi di dewan direksi. Meskipun mengalami peningkatan pendapatan berkat fokus pada AI, Microsoft juga menghadapi biaya yang lebih tinggi untuk mempertahankan produk-produk AI-nya.




Sumber : reuters.com


Informasi Lainnya