Harga Emas Terkoreksi Seiring Meredanya Tensi Israel-Iran

Analis PT. First State Futures Published 2024-04-22

Harga emas turun dalam perdagangan Asia pada hari Senin karena berkurangnya kekhawatiran akan konflik lebih besar di Timur Tengah yang melemahkan permintaan untuk logam kuning tersebut, sementara spekulasi kenaikan suku bunga AS yang lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama juga menekan harga.

Emas spot turun 0,9% menjadi $2.370,45 per ons, sementara emas berjangka kontrak Juni turun 1,2% menjadi $2.384,05 per ons pada pukul 11.48 WIB.

Permintaan emas menurun karena kekhawatiran atas ketegangan Iran-Israel mereda. Logam mulia itu melonjak tajam selama dua minggu terakhir, mencapai rekor tertinggi di atas $2.400 per ons karena Iran dan Israel saling menyerang.

Namun, Iran terlihat meremehkan dampak serangan Israel pada Jumat, dan juga menyatakan tidak ada rencana pembalasan dalam waktu dekat. Hal ini menimbulkan harapan bahwa konflik antara kedua negara tidak akan memburuk, sehingga mengurangi permintaan akan emas sebagai tempat perlindungan.

Namun, laporan pada hari Senin menunjukkan bahwa pasukan di Irak telah melakukan beberapa serangan terhadap pangkalan militer AS di Suriah, sementara Israel terlihat melanjutkan serangannya terhadap Gaza.

Kekhawatiran tentang tingkat suku bunga AS masih ada. Dolar tetap stabil mendekati level tertinggi dalam lima bulan, sementara imbal hasil obligasi AS menguat karena para pedagang masih khawatir tentang kenaikan suku bunga yang lebih tinggi dalam jangka waktu yang lebih lama.

Pembacaan inflasi yang kuat untuk bulan Maret dan sinyal hawkish dari pejabat Federal Reserve membuat sebagian besar pedagang mengabaikan ekspektasi penurunan suku bunga The Fed pada bulan Juni.

Prospek suku bunga yang lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama menekan harga emas, mengingat skenario seperti itu meningkatkan biaya kesempatan untuk berinvestasi dalam emas.

Logam mulia lainnya turun pada hari Senin. Platinum berjangka sedikit turun menjadi $943,80 per ons, sementara perak berjangka turun 2,8% menjadi $28,038 per ons.




Sumber : investing.com


Informasi Lainnya