Harga Minyak Mentah Kembali Bangkit Seiring Data Penurunan Stok Minyak Mentah AS

Analis PT. First State Futures Published 2024-04-24

Harga minyak naik sedikit pada hari Rabu setelah data industri menunjukkan penurunan yang tak terduga dalam stok minyak mentah AS minggu lalu, menandakan permintaan yang lebih baik. Namun, perhatian pasar tetap terfokus pada ketegangan di Timur Tengah.

Minyak Brent naik 5 sen menjadi $88,47 per barel, sementara minyak AS WTI naik 8 sen menjadi $83,44 per barel pada pukul 11.10 WIB.

Stok minyak mentah AS turun 3,237 juta barel pekan lalu, menurut sumber industri. Sebelumnya, enam analis memperkirakan akan ada peningkatan sebesar 800.000 barel.

Data resmi AS tentang stok minyak akan dirilis pada pukul 21.30 WIB, yang akan memberikan konfirmasi atas penurunan yang signifikan.

Aktivitas bisnis AS melambat pada bulan April, mencapai level terendah dalam empat bulan, menurut S&P Global. Indeks Output PMI Komposit turun menjadi 50,9 dari 52,1 pada Maret.

Pemotongan suku bunga AS dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, yang akan meningkatkan permintaan minyak dari konsumen utama di seluruh dunia.

Meskipun demikian, para analis tetap memantau perkembangan konflik di Timur Tengah, walaupun pengaruhnya terhadap pasokan minyak masih terbatas. Serangan Israel meningkat di Gaza pada hari Selasa, menandai eskalasi yang signifikan dalam beberapa minggu terakhir.




Sumber : reuters.com


Informasi Lainnya