Harga Emas Masih Tertekan Meski Terjadi Pelemahan Greenback

Analis PT. First State Futures Published 2024-04-24

Harga emas tetap stabil dalam kisaran yang sempit di pasar Asia pada hari Rabu. Meskipun dolar melemah, kerugian lebih lanjut pada emas terbatas karena para pedagang tetap waspada terhadap isyarat suku bunga yang lebih tinggi.

Harga emas spot naik 0,3% menjadi $2,330.05 per ounce, sementara harga emas berjangka bulan Juni stabil di $2,343.15 per ounce pada pukul 11.04 WIB. Harga emas saat ini sekitar $100 di bawah rekor tertinggi yang dicapai pada awal April.

Meskipun dolar melemah dalam perdagangan semalam karena data indeks manajer pembelian bulan April lebih lemah dari perkiraan, hal itu hanya memberikan sedikit bantuan pada harga emas. Dolar tetap mempertahankan sebagian besar kenaikannya sepanjang bulan April, karena pasar mengabaikan harapan penurunan suku bunga lebih awal oleh Federal Reserve.

Ketidakpastian atas suku bunga yang lebih tinggi membuat emas rentan, meskipun permintaan safe-haven pada awalnya memberikan dukungan. Kurangnya eskalasi di Timur Tengah membuat emas rentan terhadap ekspektasi suku bunga yang lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama.

Sementara itu, logam mulia lainnya naik terhadap pelemahan dolar di pasar Asia. Platinum berjangka naik 0,4% menjadi $924,50 per ounce, sementara perak berjangka naik 0,5% menjadi $27,485 per ounce.




Sumber : investing.com


Informasi Lainnya