Microsoft Luncurkan Model Lighweight AI Phi-3-mini

Analis PT. First State Futures Published 2024-04-24

Pada hari Selasa, Microsoft meluncurkan model kecerdasan buatan baru yang ringan, Phi-3-mini, sebagai bagian dari tiga model bahasa kecil (SLM) yang akan dirilis oleh perusahaan. Langkah ini bertujuan untuk menarik basis klien yang lebih luas dengan opsi yang lebih hemat biaya.

Phi-3-mini adalah model pertama dari seri ini, ditujukan untuk tugas-tugas sederhana dan dirancang untuk digunakan oleh perusahaan dengan sumber daya terbatas. Menurut Sébastien Bubeck, wakil presiden riset GenAI Microsoft, Phi-3-mini memiliki perbedaan biaya 10x lebih murah dibandingkan dengan model sejenis di pasaran.

Model SLM ini akan tersedia di platform layanan cloud Microsoft, Azure AI model catalog, platform model pembelajaran mesin Hugging Face, serta Ollama, kerangka kerja untuk menjalankan model pada mesin lokal. Selain itu, SLM juga dioptimalkan untuk digunakan dengan perangkat lunak Nvidia Inference Microservices (NIM) dan unit pemrosesan grafis (GPU).

Sebelumnya, Microsoft telah berinvestasi sebesar $1,5 miliar di perusahaan AI G42 yang berbasis di UEA. Mereka juga telah bermitra dengan startup Perancis, Mistral AI, untuk membuat model-model mereka tersedia melalui platform komputasi awan Azure.




Sumber : reuters.com


Informasi Lainnya