CEO Apple Tim Cook Pertimbangkan Membangun Fasilitas Manufaktur di Indonesia

Analis PT. First State Futures Published 2024-04-17

Apple Inc (NASDAQ: AAPL) sedang mempertimbangkan untuk membangun fasilitas manufaktur di Indonesia setelah pertemuan CEO Apple Tim Cook dengan Presiden Joko Widodo pada hari Rabu. Presiden berharap Apple dapat meningkatkan konten lokal dengan bermitra dengan perusahaan dalam negeri.

Tim Cook tiba di Jakarta pada hari Selasa setelah kunjungan ke Vietnam. Dia bertemu dengan Presiden Jokowi dan akan meresmikan akademi pengembang keempat di Pulau Bali.

Cook menyatakan, "Kami berbicara tentang keinginan presiden untuk melihat manufaktur di dalam negeri, dan itu adalah sesuatu yang akan kami pertimbangkan."

Meskipun Apple tidak memiliki fasilitas manufaktur di Indonesia, sejak 2018 mereka telah mendirikan akademi pengembang aplikasi. Investasi total dalam akademi baru tersebut mencapai 1,6 triliun rupiah ($99 juta).

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, yang juga hadir dalam pertemuan tersebut, menyatakan bahwa jika Apple memutuskan untuk membangun fasilitas manufaktur di Indonesia, maka mereka akan memiliki kapasitas produksi untuk ekspor. Pemerintah juga membuka opsi bagi Apple untuk bermitra dengan perusahaan Indonesia untuk memperoleh komponen, jika mereka tidak membangun pabrik sendiri.

Apple telah memenuhi persyaratan kandungan lokal sebesar 35% di Indonesia dengan investasi dalam akademi pengembang. Namun, pemerintah berharap bahwa jumlah tersebut dapat ditingkatkan dengan adanya fasilitas manufaktur.

Sebagian besar produksi utama iPad, AirPods, dan Apple Watch Apple berbasis di Vietnam; sementara itu, pemasok MacBook juga telah berinvestasi di negara tersebut.

Indonesia, dengan populasi besar dan tingkat penguasaan teknologi yang berkembang, menjadi target pasar utama untuk investasi teknologi di Asia Tenggara.




Sumber : reuters.com


Informasi Lainnya