Gelombang PHK Kembali Terjadi pada Google

Analis PT. First State Futures Published 2024-04-18

Google Inc., yang merupakan anak perusahaan Alphabet (NASDAQ: GOOGL), telah melakukan pemotongan karyawan dalam jumlah yang tidak ditentukan, kata juru bicara perusahaan pada hari Rabu. Ini merupakan pemotongan terbaru dalam upaya perusahaan teknologi tersebut untuk mengendalikan biaya.

Meskipun juru bicara Google tidak merinci jumlah karyawan yang terkena dampak atau tim yang terlibat, ia menyatakan bahwa sebagian kecil dari peran yang terkena dampak akan dipindahkan ke pusat-pusat investasi perusahaan di India, Chicago, Atlanta, dan Dublin. Perusahaan juga menekankan bahwa karyawan yang terpengaruh dapat melamar posisi internal.

Pemotongan ini terjadi di tengah gelombang PHK yang melanda Google, industri teknologi, dan media pada tahun ini, menimbulkan kekhawatiran akan terus berlanjutnya pemotongan karena perusahaan-perusahaan menghadapi ketidakpastian ekonomi.

Ruth Porat, kepala keuangan Google, telah mengirimkan email kepada stafnya yang menjelaskan bahwa restrukturisasi ini sebagian dilakukan untuk memperluas pertumbuhan di Bangalore, Mexico City, dan Dublin.

Terdapat laporan yang menyebutkan bahwa karyawan di departemen real estate dan keuangan Google telah terkena dampaknya. Tim keuangan yang terkena dampak termasuk perbendaharaan Google, layanan bisnis, dan operasi kas pendapatan.

Sebelumnya pada bulan Januari, Google telah memecat ratusan pekerja dari berbagai tim, termasuk tim teknik, perangkat keras, dan asistennya, dalam upaya untuk meningkatkan investasi dan pengembangan penawaran kecerdasan buatan.

CEO Google, Sundar Pichai, telah memberi tahu karyawannya pada awal tahun untuk bersiap-siap menghadapi lebih banyak pemotongan karyawan.




Sumber : reuters.com


Informasi Lainnya