Tiga Jalur Utama Monetasi AI oleh Apple Menurut Bernstein
Analis dari Bernstein menyatakan pada hari Kamis bahwa Apple (NASDAQ: AAPL)
"nampak serius" dalam pengembangan keahlian AI-nya, terutama dalam
teknologi AI pada perangkat.
Meskipun strategi Apple belum jelas bagi para pengamat eksternal,
perusahaan tersebut dilaporkan sedang menjajaki berbagai integrasi produk.
Eksplorasi ini mencakup integrasi
AI ke dalam layanan Apple Music, Xcode, Pages, dan Keynote, serta fitur
internal yang dikenal sebagai "Ask for Apple Care".
Selain itu, Apple, pembuat
iPhone, juga sedang mengembangkan model bahasa besar (LLM) sendiri yang disebut
Ajax, dan mereka sedang dalam diskusi dengan mitra potensial seperti Google
(NASDAQ: GOOGL), OpenAI, dan Baidu (NASDAQ: BIDU) untuk memanfaatkan LLM
eksternal.
"Kami yakin iPhone 16 setidaknya akan menawarkan fitur AI yang serupa
dengan Pixel 8 dan Galaxy 24," kata analis Bernstein.
"Kami memperkirakan sebagian besar fitur AI akan diluncurkan bersama
dengan iPhone pada bulan September, dibandingkan dengan di WWDC, sesuai dengan
fitur perangkat lunak utama lainnya seperti Dynamic Island, Siri, dan Facetime,
yang semuanya diperkenalkan pada saat peluncuran ponsel," tambah mereka.
Bernstein mengidentifikasi tiga jalur utama bagi Apple untuk memonetisasi
AI, meskipun masing-masing jalur memiliki "risiko kanibalisasi".
Pertama, dengan memperkenalkan fitur-fitur AI di iPhone 16, Apple
berpotensi meningkatkan penjualan perangkat keras, bahkan peningkatan kecepatan
refresh sebesar 1% dapat menghasilkan peningkatan pendapatan tambahan sebesar
180 basis poin.
Kedua, perusahaan dapat memanfaatkan peningkatan penelusuran berbasis AI
melalui platform periklanannya, "dengan asumsi penelusuran AI merupakan
tambahan dari penelusuran tradisional," kata Bernstein.
Terakhir, Apple juga dapat meningkatkan pendapatan dengan membebankan
tingkat penerimaan aplikasi AI-nya.
"Dampak pendapatan dari penelusuran dan Aplikasi AI masih kurang pasti, mengingat kita sedang dalam tahap awal pembuatan model monetisasi untuk AI, namun salah satu atau keduanya berpotensi signifikan (dan terus berkembang) seiring berjalannya waktu. Peningkatan pendapatan iklan dan Aplikasi sebesar 10% akan menambah laba kotor Apple masing-masing sebesar 100 bps dan 130 bps," kata Bernstein.
Sumber : investing.com