Tiga Jalur Utama Monetasi AI oleh Apple Menurut Bernstein

Analis PT. First State Futures Published 2024-04-19

Analis dari Bernstein menyatakan pada hari Kamis bahwa Apple (NASDAQ: AAPL) "nampak serius" dalam pengembangan keahlian AI-nya, terutama dalam teknologi AI pada perangkat.

Meskipun strategi Apple belum jelas bagi para pengamat eksternal, perusahaan tersebut dilaporkan sedang menjajaki berbagai integrasi produk.

Eksplorasi ini mencakup integrasi AI ke dalam layanan Apple Music, Xcode, Pages, dan Keynote, serta fitur internal yang dikenal sebagai "Ask for Apple Care".

Selain itu, Apple, pembuat iPhone, juga sedang mengembangkan model bahasa besar (LLM) sendiri yang disebut Ajax, dan mereka sedang dalam diskusi dengan mitra potensial seperti Google (NASDAQ: GOOGL), OpenAI, dan Baidu (NASDAQ: BIDU) untuk memanfaatkan LLM eksternal.

"Kami yakin iPhone 16 setidaknya akan menawarkan fitur AI yang serupa dengan Pixel 8 dan Galaxy 24," kata analis Bernstein.

"Kami memperkirakan sebagian besar fitur AI akan diluncurkan bersama dengan iPhone pada bulan September, dibandingkan dengan di WWDC, sesuai dengan fitur perangkat lunak utama lainnya seperti Dynamic Island, Siri, dan Facetime, yang semuanya diperkenalkan pada saat peluncuran ponsel," tambah mereka.

Bernstein mengidentifikasi tiga jalur utama bagi Apple untuk memonetisasi AI, meskipun masing-masing jalur memiliki "risiko kanibalisasi".

Pertama, dengan memperkenalkan fitur-fitur AI di iPhone 16, Apple berpotensi meningkatkan penjualan perangkat keras, bahkan peningkatan kecepatan refresh sebesar 1% dapat menghasilkan peningkatan pendapatan tambahan sebesar 180 basis poin.

Kedua, perusahaan dapat memanfaatkan peningkatan penelusuran berbasis AI melalui platform periklanannya, "dengan asumsi penelusuran AI merupakan tambahan dari penelusuran tradisional," kata Bernstein.

Terakhir, Apple juga dapat meningkatkan pendapatan dengan membebankan tingkat penerimaan aplikasi AI-nya.

"Dampak pendapatan dari penelusuran dan Aplikasi AI masih kurang pasti, mengingat kita sedang dalam tahap awal pembuatan model monetisasi untuk AI, namun salah satu atau keduanya berpotensi signifikan (dan terus berkembang) seiring berjalannya waktu. Peningkatan pendapatan iklan dan Aplikasi sebesar 10% akan menambah laba kotor Apple masing-masing sebesar 100 bps dan 130 bps," kata Bernstein.




Sumber : investing.com


Informasi Lainnya